NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

Agar ASI Banyak, Rangsang Refleks Oksitosin Ibu

skin-to-skin-contactSering kita dengar, katanya ASI bisa banyak karena pengaruh hormon oksitosin (hormon “cinta”), pada artikel berikut kita akan mengetahui bagaimana cara merangsang efek oksitosin agar ASI kita bertambah banyak:

  • Dekap bayi kesayangan kita (skin to skin contact) sebelum sesi menyusui. Pandang wajahnya, usap pipinya. Bila ibu di kantor, sebelum memerah, bisa memandang foto si Kecil yang lucu pada layar handphone, bayangan tentangnya akan menerbitkan hormon cinta ibu kepadanya.
  • Minum minuman hangat yang menenangkan, tapi bukan kopi atau minuman bersoda karena akan membuat bayi rewel. Sejenis teh menyusui seperti Milkies Nursing Time Tea adalah pilihan tepat karena membuat rileks dan kandungannya meningkatkan produksi ASI.
  • Menghangatkan payudara
    Bisa menempelkan kompres hangat, atau air hangat, atau mandi pancuran air hangat
  • Merangsang Puting Susu
    Ibu dapat menarik dan memutar putingnya secara perlahan dengan jari-jarinya.
  • Memijat atau Mengurut Payudara dengan Ringan
    Beberapa ibu suka mengurut dengan ujung jari atau dengan kepalan tangan memijat mengelilingi ke arah areola dan puting.
  • Memijat punggung untuk Merangsang Hormon Oksitosin
  • pijat-oksitosin
    Bisa minta bantuan suami untuk memijat punggung guna merangsang refleks oksitosin. Caranya:Ibu duduk bersandar ke depan, melipat lengan di atas meja didepannya, dan meletakkan kepala di atas lengannya. Payudara tergantung lepas tanpa pakaian. Suami memijat di sepanjang kedua sisi tulang belakang ibu. Menggunakan dua kepalan tangan dengan ibu jari menunjuk ke depan, tekan kuat-kuat membentuk gerakan-gerakan lingkaran kecil dengan kedua ibu jari. Pada saat bersamaan, gosok ke arah bawah pada kedua sisi tulang belakang, dari leher ke arah tulang belikat, selama 2 atau 3 menit.

 

 

oleh: wishingbaby