NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

Begini Cara Agar Cepat Hamil Setelah KB

Berhenti KB, Begini Cara Agar Segera Hamil

Keluhan selepas KB seringkali ditemui. Dari berbagai macam kontasepsi yang tujuannya untuk mencegah kehamilan melalui kandungan hormone estrogen dan progestin dengan menghambat indung telur berovulasi. Beberapa jenis alat kontrasepsi akan membuat sperma kesulitan mencapi sel telur atau menghalangi sel telur menempel pada lapisan Rahim. KB yang diketahui banyak jenisnya, dimulai dari suntik, pil, hingga alat yang dipasangkan pada bagian tubuh tertentu. Selepas KB, seorang wanita memerlukan waktu untuk membuat hormone kembali dengan normal. Umumnya, memerlukan waktu 3 hingga 6 bulan untuk bisa membuatnya menjadi normal. Tentu saja kondisi setiap wanita berbeda-beda bahkan beberapa wanita ada yang sampai 9 bulan hingga normal, namun kondisi ini sangat jarang terjadi.
Jika menstruasi sudah normal, hormone juga mungkin sudah normal. Untuk itu, jika Anda belum juga hamil selepas KB, Anda perlu memerhatikan hal berikut:

1. Istirahat
Setelah masa KB, sebaiknya Anda menunggu hingga menstruasi Anda normal, begitu pula dengan system ovulasi Anda. Istirahat ini membutuhkan waktu sekitar satu atau dua bulan. Anda juga dapat mengecek masa ovulasi jika siklus menstruasi Anda cenderung normal dan teratur. Atau dengan mudah Anda dapat membeli alat untuk tes ovulasi di apotek terdekat.

2. Cek Kesehatan
Periksakan kesehatan Anda dan pasangan. Beberapa kasus menjelaskan bahwa masalah kehamilan bukan hanya berasal dari pihak wanita, namun juga bisa ditemui beberapa masalah pada pihak pria. Jika pada wanita tersedia tes untuk mengetahui masa ovulasi, maka pada pria, cukup mengetes kesehatan sperma dan kualitasnya. Hindari alcohol dan rokok.

3. Hindari Stress
Hal ini akan membuat hormone menjadi seimbang yang dapat membuat siklus menstruasi normal. Perhatikan juga frekuensi berhubungan intim Anda. Sebaiknya Anda melakukan 3-4 kali berhubungan dalam seminggu ketika masa subur. Ini akan membuat peluang kehamilan semakin terbuka lebar.

Jika Anda ingin segera hamil, Anda bisa mencoba untuk memulai mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, berolahraga dan mengkonsumsi FertilAid pria atau FertilAid wanita sebagai suplemen atau obat penyubur kandungan untuk meningkatkan kesuburan wanita ataupun kesuburan pria.