NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

Cara Tepat Penyimpanan Vitamin dan Suplemen

Cara Penyimpanan VitaminObat-obatan, vitamin, atau suplemen ternyata tidak boleh disimpan di sembarang tempat. Hal itu dikarenakan suhu udara dan faktor kebersihan sangat berperan bagi keamanan obat-obatan tersebut. Inilah cara tepat dalam menyimpan vitamin dan suplemen, seperti dilansir Reader’s Digest yorkshire:

 Jangan disimpan di lemari es

Vitamin dan suplemen lainnya harus disimpan di tempat sejuk dan kering. Kulkas memang sejuk, tapi juga penuh dengan uap air yang dapat mengurangi umur simpan vitamin dan efektivitasnya. Namun, kulkas bisa dijadikan tempat penyimpanan suplemen jika dibungkus dengan kemasan khusus dan memang disarankan untuk disimpan di lemari pendingin.

 Hindari kamar mandi

 Kamar mandi yang panas dan lembap setiap hari tidak cocok untuk menyimpan vitamin, bahkan jika di kamar mandi ada lemari obat.

 Jangan ditaruh di dapur

 Suhu dan kelembapan di dapur yang naik dan turun karena penggunaan oven dan kompor tidak baik untuk menyimpan vitamin.

 Simpan di tempat yang tinggi dan kering

 Suplemen gizi memang baik dikonsumsi, tapi juga berpotensi beracun bila dikonsumsi dalam dosis tinggi. Simpan semua obat-obatan, vitamin, dan suplemen dalam wadah asli mereka dan taruh di tempat yang tidak bisa dijangkau anak-anak. Hindari menyimpan di lemari atau rak yang dekat dengan jendela atau pipa pemanas di mana suhu dan kelembapan berfluktuasi.

Jangan mengganti wadah asli

Alasan untuk menjaga vitamin, obat, dan suplemen dalam wadah aslinya ialah dikarenakan obat itu memerlukan kemasan tertentu untuk tetap menjaga kandungan atau zat yang terkandung sehingga obat tetap terjaga efektivitasnya. Beberapa suplemen kehilangan efektivitas ketika terkena cahaya dan harus disimpan dalam kontainer buram atau berwarna gelap. Hindari mengganti wadah vitamin Anda atau digabungkan dengan suplemen lain dalam satu wadah.

oleh: wishingbaby