NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

Ingin Cepat Hamil? Segera Hindari Stress

Bagi Anda yang ingin cepat mendapahepi-hepitkan momongan, segera hindari hal-hal yang membuat Anda merasa stress dan tertekan. Ya, stress dapat berpengaruh besar terhadap kemampuan Anda untuk bisa hamil. Bagi Anda yang sedang berusaha untuk hamil, mungkin Anda sudah sering mendengar nasehat agar Anda tidak usah terlalu stress dalam berupaya untuk hamil. Meskipun mungkin Anda tidak suka mendengarnya, nasehat ini ternyata ada benarnya dan didukung oleh alasan biologis. Inilah mengapa menghindari stress adalah salah satu cara cepat hamil.

Stress memiliki pengaruh terhadap otak, tepatnya pada bagian otak yang bernama hipotalamus. Hipotalamus adalah bagian otak yang mengatur nafsu makan, emosi, dan juga hormon yang mengatur pelepasan telur dalam rahim ke dalam tuba falopi. Jika Anda merasa tertekan atau mengalami stress, maka proses ovulasi Anda bisa jadi akan terlambat atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Hal ini tentu akan berpengaruh besar, terutama jika Anda sudah menetapkan jadwal hubungan intim Anda sesuai dengan waktu ovulasi. Tanpa mengetahuinya, Anda tanpa sengaja melewatkan waktu ovulasi atau bahkan tidak berovulasi sama sekali.

Penting untuk membedakan mana stress yang biasa terjadi dan mana stress yang terjadi secara tiba-tiba. Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk terbiasa dengan stress yang disebabkan oleh hal-hal yang dihadapi setiap hari. Stress jenis ini mungkin tidak akan terlalu berpengaruh pada siklus ovulasi Anda. Namun, apabila stress disebabkan oleh hal-hal berat seperti kematian seorang anggota keluarga, kecelakaan ataupun perceraian, stress ini dapat mengacaukan siklus ovulasi Anda. Stress inilah yang harus segera diatasi sehingga Anda bisa cepat hamil.

Selain itu, perlu diingat bahwa stress bukan hanya reaksi tubuh terhadap hal-hal negatif. Stress yang positif juga dapat mempengaruhi siklus Anda, membuat Anda ovulasi terlalu dini atau tidak sama sekali. Siklus ovulasi pengantin baru seringkali kacau karena mereka mengalami stress positif yang disebabkan oleh persiapan pernikahan mereka. Meski begitu, stress yang disebabkan oleh hal-hal positif dalam hidup Anda tetap akan memperngaruhi siklus, sehinga mengatasi stress tetap akan membantu Anda untuk cepat hamil.

Sumber: Wishingbaby