NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

Kenapa ASI Semakin Sedikit dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Beberapa masalah yang menyebabkan ASI sedikit adalah kurangnya frekwensi menyusui dan memerah, ada juga yang disebabkan karena pemakaian dot/botol/empeng (karena bayi belajar cara menghisap yang “terlalu gampang” dari alat-alat itu). Setelah Anda mengidentifikasi problem dan tahu cara mengatasinya, maka ada 3 cara utama untuk meningkatkan produksi ASI anda:

Tingkatkan Frekwensi

Cara pertama meningkatkan produksi ASI adalah dengan meningkatkan frekwensi mengeluarkan ASI. Semakin sering bayi disusui, semakin banyak ASI diproduksi. Bayi ASI biasanya menyusui setiap dua jam sekali. Sering menyusui sangat penting di minggu-minggu pertama menyusui, untuk melatih tubuh Anda memproduksi supplai Asi yang teratur.

Pompa ASI

Bila frekwensi menyusui kurang meningkatkan supply ASI Anda, maka kosongkan payudara anda dengan pompa ASI berkualitas tinggi. Menyusui adalah hubungan supply-demand: Tubuh Anda memproduksi ASI sebanyak yang dikeluarkan (baik oleh bayi ataupun dari pompa ASI). Cobalah memompa diantara waktu menyusui, dan teruslah memompa 5-10 menit setelah ASI tidak lagi keluar (jangan langsung berhenti) “Pijatan” ini memberi stimulasi yang memberi sinyal tubuh Anda memproduksi lebih banyak ASI.

Herbal untuk Meningkatkan ASI

Herbal untuk Meningkatkan ASI /Galactagogues adalah bahan-bahan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Fenugreek adalah herbal galactagogues yang sering digunakan untuk meningkatkan produksi ASI.

Fenugreek adalah herbal tradisional yang telah digunakan selama ratusan tahun karena keefektifannya dalam meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Ada yang bisa melihat peningkatan ASI dalam 24-72 jam, ada juga yang dalam dua minggu.  Fenugreek bisa diminum dalam jangka panjang, tanpa efek samping.

Selain fenugreek, ada beberapa herbal lain yang juga baik untuk meningkatkan pasokan susu, yakni anise seed dan Fennel Seed. Anda bisa mendapatkan semua ramuan ini di dalam Nursing Blend.

Fennel Seed adalah juga merupakan galactagogues. Sejak zaman yunani kuno, fennel seed digunakan untuk membantu laktasi bagi para ibu. Fennel Seed mengandung phystoestrogen (fitoestrogen), yang meniru sifat dari hormon esterogen yang terlibat dalam pertumbuhan kelenjar susu pada jaringan payudara dan peningkatan volume ASI pada wanita.  Pada Nursing Time Tea, fennel seed adalah kandungan utama, ditambah herbal lainnya seperti Blessed thistle dan Alfafa.

Banyak istirahat dan pelepasan stress akan lebih mempermudah Anda untuk meningkatkan ASI. Dan ingat untuk menghindari botol, dot dan empeng, berikan bayi lebih banyak ASI. Bila Anda sudah mencampur pemberian ASI dan susu formula, secara bertahap kurangi dan kurangi. Ini membuat bayi anda semakin terlatih untuk menyusui langsung dari anda, yang dapat meningkatkan produksi ASI Anda. Bila Anda bekerja, pesankan pada ibu atau perawat bayi Anda di rumah untuk memberikan ASI Perah lewat sendok atau gelas kecil/sloki, jangan lewat dot, untuk menghindari bingung puting.