NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

Penyakit Radang Panggul dan Kaitannya Dengan Infertilitas Wanita

8

Penyakit radang panggul adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan adanya infeksi bakteri pada saluran genital wanita pada bagian atas seperti rahim, tuba falopi, dan ovarium. Pada sebagian besar kasus, penyakit radang panggul ini disebabkan oleh infeksi pada vagina atau serviks yang menyebar sampai ke rahim. Infeksi bakteri ini biasanya akibat dari pemakaian alat kontrasepsi dalam rahim atau disebabkan oleh infeksi dari bakteri penyebab penyakit menular seksual (PMS), seperti klamidia atau gonore. Maka dari itu, penyakit radang panggul pada umumnya terjadi pada wanita yang aktif secara seksual.

Radang kronik pada panggul dapat menimbulkan terbentuknya jaringan parut serta berbagai perlekatan organ. Bila terjadi di sekitar tuba maka dapat menimbulkan gangguan pada fungsi tuba. Penyakit radang panggul ini juga menyebabkan gangguan pada saluran telur, jaringan di dalam rahim dan indung telur, sehingga berpotensi mengakibatkan kurangnya kesuburan, mengganggu proses fertilisasi, pembentukan kehamilan ektopik, pembentukan abses, dan nyeri panggul yang kronis.

Gejala penyakit radang panggul yang dapat terlihat seperti banyaknya cairan yang keluar dari vagina dengan bau yang kurang sedap, menstruasi tidak teratur, menderita nyeri punggung bawah, nyeri pada saat buang air kecil, dan sakit pada bagian bawah perut.

Agar Anda dapat mencegah penyakit radang panggul secara dini dengan berhubungan seksual secara aman (menggunakan pengaman dan tidak berganti-ganti pasangan), pemeriksaan diri jika merasa ada sesuatu yang tidak lazim pada area reproduksi, hindari melakukan douche vagina yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri di vagina, dan selalu bersihkan area genitalia secara teratur. Dengan hidup bersih maka Anda akan terhindar dari penyakit radang panggul dan kesuburan tetap terjaga agar proses kehamilan dapat berjalan dengan lancar.

oleh: wishingbaby