NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

Penyebab Produksi ASI Sedikit

Penyebab Produksi ASI Sedikit

Sebelum mengetahui cara memperbanyak ASI yang tepat untuk Anda, Anda sebaiknya mengetahui penyebab ASI yang Anda produksi sedikit. Hal yang paling sering menjadi masalah adalah banyaknya ASI yang keluar dirasa, tetapi tidak keluar. Hal ini memicu pembengkakan pada payudara Ibu, sementara ASI yang dihisap oleh bayi sangatlah sedikit. Maka berikut adalah masalah-masalah mengapa ASI yang diproduksi Ibu sedikit.

1. Kapasitas ASI Ibu.

Banyaknya ASI yang diproduksi oleh seorang Ibu tidak dipengaruhi oleh besarnya payudara Ibu. Semakin banyak seorang Ibu menyusui, maka semakin banyak pula susu yang dihasilkan. Yang mengetahui berapa jumlah ASI yang harus diminum oleh seorang bayi adalah bayi itu sendiri. Konsultasikan berat badan bayi pada masa pemberian ASI ekslusif, biasanya dengan ini Anda akan memperoleh beberapa cara memperbanyak ASI dari orang-orang yang lebih berpengalaman.

2. Gaya Hidup Ibu

Seorang ibu yang sedang mengkonsumsi obat-obatan biasanya menghasilkan ASI yang lebih sedikit. Beberapa pakar mengatakan bahwa masa depan bayi Anda tergantung dari asupan makanan Anda. Untuk itu, usahakan untuk tetap menjaga asupan gizi Anda ketika menyusui. Utamakan hidup sehat dengan menambahkan sedikit olahraga setelah selesai melahirkan. Cukupi kebutuhan tidur Anda. Jika bayi rewel pada malam hari, tidurlah disiang hari ketika bayi Anda juga tertidur.

3. Bayi premature

Seorang Ibu akan mengalami kesulitan pada awal minggu masa menyusui, telebih jika bayi Anda merupakan bayi premature. Bayi premature akan lebih mudah lelah ketika menyusu. Hal ini menjadi penyebab pengeluaran ASI tidak maksimal.

4. Kesalahan bayi ketika menyusu

Posisi menyusui haruslah tepat. Beberapa Ibu mengeluhkan ketika menyusui, puting mereka lecet, hingga berdarah. Hal ini sebenarnya disebabkan karena cara menyusui yang salah. Anda harus menaruh perut bayi hingga menyentuh Anda, hadapkan bayi kearah payudara. Pastikan untuk mengarahkan payudara kearah langit-langit mulut bayi dan dagu bayi menyentuh payudara Anda. wishingbaby.com