NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

Waspadai Hal-hal yang Dapat Mengurangi Kesuburan Pria

man drinking milkMeskipun kehamilan dialami oleh wanita, peran pria dalam proses pembuahan juga sangat berpengaruh bagi sukses tidaknya proses pembuahan tersebut. Ada beberapa hal yang dapat mengurangi kesuburan pria hingga menghambat impian Anda dan pasangan untuk segera memiliki anak. Hal-hal yang dapat mengurangi kesuburan pria tersebut, antara lain:

Olahraga Terlalu Berat

Olahraga memang baik untuk tubuh, namun jika dilakukan terlalu berat dapat membahayakan kesuburan. Olahraga yang terlalu berat akan menyebabkan kehilangan lemak tubuh yang berdampak pada naiknya suhu internal testis yang menyebabkan matinya sperma. Untuk itu, ada baiknya pria melakukan olahraga selama 30 menit, sebanyak 4-5 kali seminggu, agar kesuburan Anda tidak terganggu.

Kurangnya Asupan Makanan Bergizi

Tidak hanya wanita yang harus memenuhi kebutuhan asupan gizi ketika merencanakan kehamilan, pria pun harus mengisi tubuh dengan gizi yang seimbang agar sperma yang dihasilkan mencukupi untuk proses pembuahan. Pria yang menginginkan kesuburannya terjaga harus memperhatikan setiap asupan unsur gizi seperti vitamin C, vitamin E, vitamin B12, lycopene, beta karoten, zync, zat besi, dan selenium.

Stress

Banyak ahli reproduksi mengatakan bahwa stress merupakan salah satu faktor penyebab gangguan kesuburan. Pada beberapa kasus, stres juga dapat memicu disfungsi ereksi.

Antibiotik 

Terlalu sering mengkonsumsi Antibiotik ternyata dapat menurunkan kualitas, mobilitas, dan jumlah sperma pada pria. Untuk itu, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih untuk obat tersebut, sehingga tidak mengganggu rencana Anda untuk memiliki anak.

oleh: wishingbaby