Mendapatkan Hasil Terbaik dari Proses Menyusui

Proses Menyusui

Setelah Anda dan bayi Anda menemukan perlekatan yang baik, si Kecil sudah mahir menyusui, mengapa tidak membuatnya menjadi senyaman mungkin? Saat anda menyusui si Kecil di rumah, pertimbangkan untuk sebuah ruang khusus, hanya untuk Anda dan bayi.

Sudut rumah manapun bisa dipilih untuk menjadi “Nursing Spot” (tempat menyusui favorit). Bila Anda memiliki si Kakak yang harus dijaga juga, atau bila ada banyak urusan yang membutuhkan perhatian Anda di rumah, mungkin Anda memilih tempat di ruang keluarga. Bila Anda ibu bekarier di rumah, mungkin Anda perlu tempat nyaman di depan komputer Anda. Untuk para ibu yang ingin memiliki sesi menyusui yang tenang dan relaks, sudut tenang di satu ruangan terpisah atau kamar bayi adalah tempat terbaik.

Sebuah tempat duduk yang nyaman sangat penting, misalnya di sudut sofa berlengan. Sanggalah kaki anda dengan kursi kecil, untuk mencegah punggung pegal saat sesi menyusui yang panjang. Siapkan beberapa bantal kecil untuk menyangga tangan atau bayi Anda. Siapkan juga selimut untuk menjaga kehangatan bagi bayi bila Anda menyusui di ruang ber-AC. Intinya, buatlah diri Anda senyaman mungkin.

Karena satu sesi menyusui bisa berlangsung hingga setengah jam, maka siapkan gelas air minum di meja kecil, atau secangkir teh. Letakkan juga ponsel didekat Anda agar saat ia berdering, mudah untuk dijawab. Namun sebaiknya saat menyusui jangan sambil main gadget atau membaca buku, karena kontak mata dengan bayi penting untuk menciptakan bonding yang akan menstimulasi hormon oksitosin (hormon cinta) yang juga berperan pada peningkatan produksi ASI.

Nikmati waktu menyusui Anda, fokuslah pada bayi, bisa sambil membelai atau mencium tangan si Kecil. Anda juga bisa menyetel musik klasik atau musik kesukaan Anda dengan nada lembut dan meredupkan lampu kamar sedikit agar lebih santai. Selamat menyusui!

 oleh: wishingbaby