NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

Kenapa pria bisa menjadi tidak subur ?

pria tidak subur

Seorang anak merupakan sesuatu yang sangat diinginkan oleh semua pasangan suami istri, akan tetapi anugrah ini tidak diberikan kepada semua orang. Ada beberapa pasangan yang tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan seorang anak, tetapi di sisi lain ada pasangan yang harus mencari obat dan berobat kesana kemari demi mendapatkan keturunan. Hal ini dapat terjadi karena adanya kendala dalam proses pembuahan sperma ke telur.
Laki-laki dapat dikatakan dewasa, apabila sudah mencapai usia akhil baliq, seperti mimpi basah berarti sel serma sudah matang dan bisa membuahi sel telur ( biasanya sekitar usia 15 – 17 tahun ). Seorang pria tidak bisa menentukan masa subur seperti layaknya seorang wanita yang mudah dikenali dengan adanya siklus menstruasi dan perubahan lainnya yang dapat dilihat secara fisik. Kaum pria bisa memproduksi juataan sel sperma, dibandingkan wanita yang hanya bisa menghasilkan satu sel telur setiap siklus menstruasi. Bisa dikatakan masa subur pria dialami setiap saat.

Ada beberapa hal yang juga menyebabkan ketidak suburan pada pria, antara lain :
1. Penurunan kesuburan karena usia. Untuk usia 40 tahun keatas atau yang dikenal puber kedua yang dalami pria atupun wanita, daya rangsang dan masa subur menurun selain karena fisik, frekuensi untuk berhubungan seksual makin berkurang sejalan dengan bertambahnya usia.
2. Obesitas atau kegemukan. Menurut sebuah penelitian menyatakan 12 % masalah ketidak suburan karena masalah berat badan, terlalu kurus atau gemuk sangat mempengaruhi keesuburan pada pria ataupun wanita.
3. Kebiasaan mengkonsumsi kopi. Hal ini juga dapat mempengaruhi kesuburan, karena kandungan kafein dalam kopi dapat mengurangi tingkat kesuburan, dan reproduksi.
4. Rokok. Kandungan nikotin dalam rokok sangat membahayakan bagi tubuh dan menimbulkan aroma tidak sedap pada pasangan dan lemahnya pembuahan.
Untuk pengecekan yang lebih akurat untuk kesuburan seorang pria, anda dapat menggunakan FertilityScore  untuk mengetahui apakah sperma yang dihasilkan berkualitas baik atau tidak sehingga dapat membuahi telur dengan sempurna. Atau bila jumlah dan gerak sperma kurang dan bentuknya kurang bagus, Anda bisa menggunakan suplemen kesuburan pria yang menjamin kecukupan nutrisi untuk pembentukan sperma yang berkualitas, seperti FertilAid for Men.

sumber: wishingbaby