NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

Mengenal Tokso

Mengenal Tokso - wishingbaby

Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit bersel tunggal yang disebut Toksoplasma. Infeksi paling umum didapat dari kontak dengan feses kucing dan burung, daging yang kurang matang, atau sayuran mentah yang tidak dicuci bersih.

Gejala bisa berupa pembengkakan kelenjar getah bening dan nyeri otot.

Diagnosa: Dengan tes darah untuk mengetahui apakah tubuh memproduksi antibodi melawan toksoplasma. Jika Anda merencanakan untuk hamil dan merasakan gejala tokso, pertimbangkan untuk melakukan tes toksoplasma, karena bila tokso dibiarkan akan membahayakan janin.

Tips mencegah tokso:

  • Pakai sarung tangan ketika berkebun atau melakukan sesuatu diluar rumah yang kontak dengan kotoran (kegiatan sosial, membantu korban banjir, dll).
  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah beraktivitas diluar rumah, terutama sebelum makan dan menyiapkan makanan
  • Masak semua daging secara seksama hingga matang benar. Terutama steak, pilih yang well done, sangat dianjurkan bila anda sedang program hamil apalagi bila sedang hamil. Hindari juga sushi yang merupakan makanan mentah.
  • Hindari kontak langsung dengan feses hewan. Bila Anda memelihara hewan, minta tolong orang lain untuk membersihkannya. Dan berikan makanan kaleng atau matang untuk kucing Anda agar ia tidak berburu hewan pengerat. Parasit toksoplasma dalam tubuh hewan pengerat dapat masuk dan menginfeksi kucing.
  • Bila kucing anda terbiasa main diluar rumah, jangan biarkan dia naik keatas ranjang, bantal atau furnitur lain yang Anda gunakan.

sumber : wishingbaby