Menyusui dan Kafein

Menyusui dan Kafein

 

Menyusui dan Kafein – Menjadi seorang ibu, terutama ibu baru adalah pekerjaan melelahkan. Banyak diantara kita yang suka menikmati hangatnya secangkir kopi di waktu senggang. Tapi, apakah aman untuk bayi ketika kita masih menyusui? Jangan khawatir, menurut La Leche League, secangkir kopi masih dalam batasan yang aman dan tidak berpengaruh kepada si Kecil.

Namun, ada juga beberapa kasus khusus. Beberapa bayi ada yang sensitif terhadap kafein. Bila bayi terlihat gelisah, rewel dan mengalami gangguan tidur, mungkin dia merasakan kandungan kafein itu dan kita harus mempertimbangkan untuk membatasi atau menghilangkan kafein dari minuman atau makanan yang kita makan setiap hari; terutama bagi bayi di bawah enam bulan. Atau bisa juga anda mencari minuman rileks yang tidak mengadung kafein, seperti teh herbal yang dapat meningkatkan asi seperti Nursing Time Tea. Bila anda sangat ingin minum kopi, carilah yang decaf (tidak mengandung kafein).

Pertimbangan lain adalah apakah kafein mengurangi atau berpengaruh pada produksi ASI? Jawabannya, tidak. Kafein belum terbukti mengurangi pasokan ASI ibu. Namun, hindari minum kopi di malam hari, karena Anda juga perlu beristirahat yang cukup pada malam hari agar keesokan harinya bisa menghadapi hari dengan penuh energi untuk mengasuh si Kecil.

sumber: wishingbaby