Perlukah Tambahan Zat L-Carnitine untuk Kesuburan Pria?

L-Carnitine merupakan substansi yang berasal dari asam amino esensial metionin dan lisin yang memiliki sifat seperti vitamin namun tidak bisa dikategorikan sebagai vitamin. L-Carnitine yang sering dikonsumsi untuk proses pembakaran lemak tubuh ternyata merupakan zat esensial yang dapat meningkatkan kesuburan pria karena kemampuannya yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berenang sperma sehingga berpeluang lebih besar untuk membuahi sel telur.

Agar sel sperma bisa membuahi sel telur, maka sperma harus bergerak dan berenang menuju sel telur wanita. Tetapi sperma yang tidak mampu berenang dengan baik memiliki peluang yang sangat kecil untuk sampai pada sel telur yang artinya peluang terjadinya kehamilan pun berkurang.

Berdasarkan penelitian, motilitas sperma meningkat ketika pria mereka mendapatkan suplemen yang memiliki substansi L-Carnitine. Manfaat yang didapatkan bervariasi tergantung pada kondisi masing-masing individu. Kuncinya mungkin terletak pada mitokondria mereka, yang merupakan suber kekuatan utama sel.

Hasil studi pada L-Carnitine menunjukkan peran asam amino ini bagi kualitas dan motilitas sperma: http://ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20940690

Suplementasi L-Carnitine bisa mengatasi hal tersebut, kata peneliti dari Universitas Padova, Andrea Garolla, PhD. Studi dilakukan pada 30 orang laki-laki, berusia kurang lebih 34 tahun. Selama tiga bulan, mereka mengkonsumsu suplemen berkandungan L-Carnitine setiap hari, dan kelompok lainnya tidak minum apapun (placebo). Sperma diambil sebelum studi dilakukan, setelah 3 bulan pemakaian. Motilitas mereka meningkat, sedangkan yang tidak minum apapun sama saja. Studi ini dimuat dalam jurnal Fertility dan Sterility pada bulan Febuari 2995.

Bagi Anda yang sibuk dan suka dengan kepraktisan, konsumsi suplemen kesuburan pria FertilAid for Men dapat mencukupi L-Carnitine untuk menjamin produksi sperma Anda. FertilAid for Men mengandung lebih banyak L-Carnitine daripada merek suplemen fertilitas lain karena terbuat dari bentuk terbaiknya, yaitu L-Carnitine tartate.

oleh: wishingbaby