NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

5 Makanan Wajib Untuk Ibu Menyusui  

Artikel ASI 3

Untuk menambah kalori dan nutrisi tambahan bagi ibu yang sedang menyusui, berikut adalah 5 makanan wajib yang dapat ibu menyusui konsumsi.

1. Ikan

Ikan mengandung omega 3 dan DHA yang baik untuk pertumbuhan otak, jaringan sel, indera penglihatan, dan saraf sang bayi. Menurut National Institute of Health, ibu yang sedang menyusui harus mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 sebanyak 300 mg per hari.

2. Polong-polongan

Nutrisi seperti protein, magnesium, zat besi, asam folat sangat penting bagi pertumbuhan sang bayi. Makanan polong-polongan seperti buncis, kacang polong, dan lentil memiliki semua kandungan tersebut. Untuk magnesium sendiri, ibu yang sedang menyusui membutuhkan 350 mg magnesium per harinya. Bersamaan dengan kalsium, magnesium juga memiliki peranan penting dalam membangun tulang dan gigi yang kuat bagi sang bayi.

3. Alpukat

Asam folat yang baik untuk produksi sel-sel darah juga banyak terdapat dalam buah-buahan, salah satunya adalah alpukat. Menurut National Institutes of Health Office of Dietary Supplements, 64 gram alpukat terdapat 10% dari asam folat yang ibu butuhkan dalam sehari. Ibu dapat mengkonsumsi alpukat sebagai sarapan dengan memblendernya menjadi jus dan diberi susu kental manis.

4. Yoghurt

Walaupun di dalam ASI sudah terdapat probiotik atau bakteri yang baik untuk pencernaan sang bayi, tidak ada salahnya memberikan asupan tambahan probiotik dengan mengkonsumsi yoghurt. Makanan yang berasal dari susu ini juga kaya akan protein dan kalsium, adalah jenis nutrisi yang paling penting untuk ibu menyusui.

5. Daging

Bukan hanya sayur-sayuran dan buah-buahan yang baik untuk ibu menyusui, daging juga memiliki peranan yang sama pentingnya. Ibu menyusui dapat mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak atau daging domba yang memiliki protein, zat besi, dan juga vitamin B12 yang tinggi dan baik untuk perkembangan syaraf-syaraf dalam tubuh sang bayi. Selain itu, zat besi membuat tulang sang bayi tumbuh dengan baik dan sistem imun tubuhnya terjaga.

sumber: wishingbaby