NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

Asam Folat Untuk Persiapan Kehamilan

Asam Folat Untuk Persiapan Kehamilan

Asam folat merupakan jenis vitamin B yang dapat larut dalam air. Asam folat ini diperlukan untuk pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Adapun asupan asam folat yang kurang  dapat membuat pematangan sel darah merah yang menjadi terganggu.

Asam folat itu sendiri banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau gelap seperti kangkung, bayam, katuk, sawi, kacang panjang, dan brokoli.  Selain pada sayuran berdaun hijau, asam folat juga terdapat pada jeruk , kacang-kacangan, kedelai, asparagus, kembang kol, kubis, hati, dan daging.

Asam folat ini penting untuk persiapan kehamilan karena asam folat dapat digunakan oleh tubuh untuk membantu pembentukan otak bayi. Beberapa manfaat penting lainnya dari asam folat adalah untuk membantu membentuk sel-sel darah merah normal pada ibu; untuk melakukan proses produksi DNA pada janin sehingga tumbuh kembangnya optimal, serta mendukung pembentukan otak dan saraf calon bayi; dan untuk mengurangi resiko terjadinya preeklampsia, yaitu tekanan darah tinggi yang bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi.

Bagi wanita yang memang mempersiapkan kehamilan, paling tidak dibutuhkan empat bulan untuk mempersiapkan kondisi tubuh yang sehat dengan memastikan konsumsi asam folat yang cukup. Pada masa 4 bulan inilah calon ibu harus memperbaiki kebutuhan asupan tubuh  dengan mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari. Dengan mengkonsumsi asam folat yang cukup sebelum kehamilan, calon ibu dapat mencegah kemungkinan akan terjadinya kelainan pada sel indung telur.  Dengan indung telur yang sehat, maka berbagai masalah dengan janin seperti bibir sumbing dan cacat lahir akan dapat dihindari.

Asam Folat merupakan kandungan penting yang terdapat dalam suplemen kesuburan FertilAid for Women. Selain mengandung asam folat, Fertilaid for Women juga mengandung prenatal vitamin lain yang dibutuhkan oleh wanita yang sedang merencanakan kehamilan, seperti Vit. A, B Kompleks, C, D, E, K dan antioksidan, ditambah sari bahan herbal seperti Vitex, Red Clover dan Gingsen untuk menormalkan hormon dan meningkatkan kesuburan wanita.

Sumber: wishingbaby