NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

Cara Meningkatkan ASI Secara Alami

Terkadmenimang-bayiang, banyak ibu yang ikut menambahkan susu formula pada saat bayi masih kecil karena mereka khawatir mereka tidak bisa memberikan ASI yang cukup untuk bayi mereka. Padahal, ASI tetaplah sumber nutrisi yang paling baik bagi bayi, terutama bayi yang masih kecil dan sedang tumbuh. Apabila Anda merasa punya masalah dengan jumlah ASI yang Anda hasilkan, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan ASI sehingga Anda tidak perlu memberi bayi tambahan susu formula.

Mengapa lebih baik memberikan bayi ASI daripada susu formula? Kebutuhan bayi Anda sebenarnya sangat sederhana: makanan, perhatian dan kenyamanan. Anda sudah mengandung buah hati Anda selama 9 bulan. Maka sebenarnya, tubuh Anda juga telah didesain sedemikian rupa untuk meneruskan hal ini bahkan setelah bayi Anda lahir melalui ASI. The World Health Organization atau WHO merekomendasikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan seorang bayi. ASI juga disarankan untuk tetap diberikan bersama makanan lainnya sampai buah hati Anda berusia setidaknya dua tahun. Oleh karena itu, melakukan beberapa cara sederhana untuk meningkatkan ASI akan berdampak baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi Anda.

Di beberapa minggu atau bulan pertama, Anda dan bayi Anda sedang dalam tahap mengenal satu sama lain. Anda berdua bekerja sama untuk memproduksi ASI yang sesuai dengan kebutuhan buah hati Anda. Menyusui bayi Anda setiap kali ia membutuhkannya akan mencukupi nutrisi yang ia butuhkan untuk tumbuh dan berkembang. Perlu diingat bahwa setiap bayi memiliki kebiasaan menyusui yang berbeda. Penting untuk mengetahui kebiasaan menyusui bayi Anda sehingga Anda dan tubuh Anda pun bisa menyesuaikan.

Nah, salah satu cara meningkatkan ASI yang paling mudah dan natural adalah terus menyusui buah hati Anda secara teratur. Jika bayi Anda sudah dekat dengan Anda, maka cara meningkatkan ASI adalah dengan sering menyusui buah hati Anda. Daripada menunggu bayi Anda lapar, jadilah proaktif dengan untuk menyusui setiap 2-3 jam sekali pada bayi Anda.

Atau jika tidak mau terlalu terburu-buru, Anda bisa mencoba meningkatkan frekuensi menyusui secara perlahan dalam rentang beberapa hari. Yang paling penting adalah Anda terus mencoba tingkatkan frekuensi menyusui hingga bayi Anda menjadi terbiasa dan menyusui lebih sering. Bagaimana pun Anda melakukannya, menyusui buah hati Anda secara teratur dan dalam frekuensi sering adalah cara meningkatkan ASI yang alami dan dapat turut membantu membuat Anda menjadi semakin dekat dengan buah hati Anda.

oleh: wishingbaby