NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

 Cara Mudah Meningkatkan ASI

Cara Mudah Meningkatkan ASI - WishingBaby

Cara Mudah Meningkatkan ASI – WishingBaby

Banyak ibu yang khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan ASI buah hati mereka. Padahal, cara meningkatkan ASI secara alami sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Untuk meningkatkan ASI secara natural, payudara membutuhkan stimulasi yang lebih dari bayi. Meningkatkan frekuensi menyusui dibutuhkan untuk meningkatkan ASI.

Jangan Tunggu Sampai Payudara Anda Penuh

Selalu ada ASI yang tersedia dalam payudara Anda untuk si buah hati, dan ASI semakin banyak diproduksi saat  Anda menyusui. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kandungan lemak dalam ASI lebih tinggi jika rentang waktu menyusui lebih sedikit. Ini berarti, jika Anda menawarkan payudara Anda kembali pada bayi beberapa menit setelah mereka selesai minum (saat payudara Anda masih terasa “kosong”), bayi Anda akan mendapatkan ASI yang memiliki kadar lemak sehat tinggi yang akan membantunya menaikkan berat badan secara sehat.  Hal ini pun dapat menjadi cara meningkatkan ASI. Perbanyak memerah ASI juga, terutama bila Anda akan masuk kerja lagi, tentu butuh stok ASI Perah, bahkan bila anda ibu rumah tangga, tetap perlu stok ASI Perah untuk persiapan bila sewaktu-waktu Anda ada urusan keluar rumah atau sudah mau persiapan MPASI (banyak bubur bayi yang harus dicampur dengan ASI Perah saat pembuatannya).

Tawarkan Payudara Anda Lebih Sering

Secara alami, produksi ASI yang normal memiliki hukum permintaan dan penawaran. Bayi Anda akan secara otomatis ‘meminta’ ASI yang ia butuhkan. Meski begitu, hal ini tidak selalu terjadi. Terkadang, ada bayi yang tidak meminta ASI yang sesuai dengan kebutuhannya jika tidak disodori oleh ibunya terlebih dahulu, terutama bayi yang pendiam atau suka tidur. Jika bayi Anda termasuk ke dalam kategori bayi yang pendiam seperti ini, Anda harus proaktif menawarkan payudara Anda, membangunkannya dengan cara mengkitik-kitik kakinya saat sudah waktunya ia minum susu. Selain sebagai cara untuk meningkatkan ASI, hal ini juga perlu dilakukan agar kebutuhan ASI bayi Anda dapat terpenuhi.

Tanggalkan Pakaian Bayi Anda Saat Menyusui

Tahukah Anda? Kontak kulit antara bayi dan ibu dapat membangunkan bayi yang mengantuk dan menstimulasi bayi yang kurang semangat untuk minum ASI. Bayi akan lebih bersemangat menyusui sehingga produksi ASI pun dapat meningkat. Ini adalah salah satu cara meningkatkan ASI. Tanggalkan pakaian bayi sehingga ia hanya mengenakan pampers saja. Untuk memaksimalkan kontak kulit, tanggalkan juga bra Anda dan gunakan baju yang bisa Anda buka kancingnya hingga bagian bawah. Agar bayi Anda tidak kedinginan, tempatkan selimut pada punggung bayi.

Sumber : wishingbaby