Kesuburan Wanita Dapat Dipengaruhi Hal-hal Berikut

Kesuburan Wanita

 

Memiliki seorang anak atau momongan merupakan impian dari setiap pasangan suami-istri, apalagi bagi pasangan yang telah merencanakan kehadiran buah hati dari jauh-jauh hari. Adapun salah satu hal yang paling menentukan kehamilan yang cepat pada wanita adalah kesuburan yang dimilikinya. Maka dari itu, jika Anda merencanakan untuk segera hamil, Anda harus mengatahui beberapa hal yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya kesuburan pada wanita, di antaranya:

Menunda kehamilan

Kebanyakan dari pasangan muda yang baru menikah, seringkali menunda kehamilan atau menunda untuk memiliki momongan karena berbagai alasan, seperti karena mengejar karir maupun alasan lainnya. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa masa kesuburan akan menurun pada usia 30-40 tahun. Semakin bertambahnya usia, jumlah produksi dan kualitas sel telur dalam tubuh pun akan berkurang. Untuk itu, jika Anda memiliki rencana untuk memiliki momongan, jangan terlalu lama menunda kehamilan. Penelitian juga menemukan bahwa program kehamilan yang terlalu lama pada anak pertama dapat menyebabkan gangguan kesuburan dan meningkatkan resiko bayi lahir prematur dengan berat badan rendah. Namun bila Anda sudah berusia diatas 30 tahun dan masih ingin memiliki anak, bisa dibantu dengan Ovaboost untuk meningkatkan kualitas sel telur.

Terlalu Kurus dan Gemuk

Tubuh yang terlalu kurus merupakan salah satu faktor yang menghambat kesuburan pada wanita. Tubuh dengan kadar lemak yang kurang dapat memperlambat produksi hormon yang diperlukan untuk ovulasi, seperti lambatnya produksi hormon esterogen. Selain terlalu kurus, ternyata kondisi badan yang gemuk pun tidak baik bagi kesuburan, karena lemak yang terlalu banyak dapat menyebabkan kelebihan hormon esterogen, sehingga ovulasi tidak teratur. Untuk itu, berat badan ideal sangat dianjurkan untuk memiliki kesuburan yang tinggi. Bila hormon Anda tidak seimbang dikarenakan masalah berat badan dan lainnya, bisa dibantu dengan FertilAid for Women untuk menyeimbangkan hormon kesuburan sekaligus juga melengkapi prenatal vitamin.

Olahraga

Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh Anda, tetapi jika dilakukan dengan sewajarnya dan tidak terlalu ekstrim. Rekomendasi para ahli mengatakan bahwa perempuan dapat melakukan latihan aerobik tetapi tidak lebih dari 7 jam per minggu. Jika lebih dari itu, maka Anda justru memiliki potensi untuk mengurangi kesuburan.

oleh: wishingbaby