NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

Cara Mengobati Keputihan

mengobati-keputihanKeputihan atau Fluor Albus merupakan suatu kondisi di mana cairan yang berlebihan keluar dari Miss V. Keputihan dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis).

Keputihan yang bukan merupakan penyakit atau keputihan normal (fisiologis) dapat saja terjadi pada setiap wanita. Biasanya, cairan yang keluar bening, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak gatal.

Cairan keputihan normal jumlahnya bisa sedikit atau cukup banyak, terjadi sebelum dan sesudah menstruasi, pada saat terangsang secara seksual atau ketika sedang stres.

Namun jika cairan yang keluar dari Miss V sudah tidak bening, berwarna putih kekuningan, keabuan sampai kehijauan, kental, berbau seperti telur busuk atau anyir, gatal dan jumlahnya lebih banyak, besar kemungkinan keputihan tersebut sudah tidak normal.

Beberapa penyebab keputihan yang tidak normal disebabkan oleh infeksi, biasanya disertai rasa gatal di dalam Miss V dan di sekitar bibir Miss V bagian luar. Biasanya yang sering menimbulkan keputihan ini, antara lain bakteri, virus, jamur, atau parasit.

Dengan melihat seperti apa warna keputihannya, untuk praktisnya dokter dapat menduga apa jenis bibit penyakit yang menjadi penyebabnya.

Keputihan yang disebabkan oleh jamur candida albicans berwarna putih susu dan menjadi serbuk, seperti bedak kalau mengering yang disertai gatal hebat. Tapi meskipun gatal, tidak boleh digaruk.

Penyakit keputihan dapat diamati melalui warna dan aromanya. Keputihan yang disebabkan oleh parasit trichomonas vaginalis dan ini jenis keputihan yang paling sering, biasanya berwarna kekuningan, disertai gatal, berbau, selain kental pula bentuknya. Sedang keputihan yang disebabkan kuman umumnya berwarna kehijauan, sama-sama gatal, dan berbau juga.

Keputihan penyakit, apa pun penyebabnya, perlu diobati sebelum hari pernikahan. Selain itu, komplikasi yang mungkin timbul, bisa buruk dampaknya terhadap kesuburan. Bila tidak diobati, akan berkembang semakin hebat. Keputihan membuat suasana Miss V lebih masam. Bisa jadi infeksi akan menjalar sampai ke bagian organ reproduksi yang lebih atas, yakni ke rahim dan saluran telur.

Jika Anda merasa mengalami keputihan tak normal, ada baiknya segera periksa ke dokter untuk diobati dengan tepat.

oleh: wishingbaby