NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

Makanan Sehat untuk ASI Anda dan Bayi

Makanan Bergizi untuk ASI

Makanan yang sehat dan seimbang akan meningkatkan kualitas ASI Anda dan akan membantu Anda juga. Makanan bergizi membantu Anda untuk cepat pulih dari melahirkan dan memberi Anda energi lebih untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang tumbuh. Kebanyakan dokter menganjurkan agar ibu menyusui makan sekitar 250 sampai 500 kalori ekstra per hari. Perhatikan juga hal-hal berikut ini:

1. Tetap Terhidrasi
Tubuh Anda membutuhkan banyak cairan untuk menghasilkan ASI; 8-10 cangkir ASI sehari. Jadi banyak minum air adalah terutama. Jus, susu, teh dan kaldu atau sup juga mengandung air yang merupakan variasi rasa agar anda tidak bosan harus banyak minum air. Tapi tentu saja jangan air dari alkohol, minuman soda manis dan kopi yang dapat membawa dampak buruk bagi kualitas ASI anda.

Sayur dan Buah Penting bagi Anda dan Bayi2. Makan Sayur dan Buah, Serat dan Gandum
Buah-buahan dan sayuran yang sarat dengan nutrisiu ntuk Anda dan bayi. Cobalah terutama untuk makan sayuran berdaun hijau seperti bayam atau kangkung setiap hari. Buah tidak hanya camilan yang bermanfaat di saat perut lapar sebelum waktu makan, tetapi dapat memberikan asupan energi yang bagus juga. Serat (terutama dari gandum/oat) baik untuk anda dan bayi agar BAB lancar dan menghindari konstipasi. Beras merah lebih baik daripada beras putih karena mengandung banyak vitamin B. Hindari makanan proses atau junkfood, dan pilih makanan yang segar.

3. Asupan Protein
Protein penting untuk membangun jaringan tubuh, terutama pada bayi Anda. Selalu masukkan menu protein dalam setiap kali anda makan. Protein didapatkan dari daging, makanan laut, telur, tahu, kacang-kacangan, keju, yoghurt dan susu. Semua yang anda makan akan disarikan dalam ASI, yang akan dikonsumsi sang buah hati.

4. Vitamin dan Mineral
Saat menyusui, Anda perlu mendapatkan cukup vitamin dan mineral. Terutama  adalah kalsium, vitamin D, Asam folat dan Besi. Meskipun Anda bisa mendapatkan banyak nutrisi dari makanan yang Anda makan, sulit untuk mengetahui apakah Anda mendapatkan cukup nutrisi setiap hari. Mengkonsumsi suplemen dibuat khusus untuk ibu menyusui, adalah cara yang bagus untuk memastikan Anda mencukupi kebutuhan nutrisi Anda dan sang buah hati, investasi masa depan untuk hidupnya nanti. 3 tahun pertama adalah masa emas pertumbuhan dimana otak dan jaringan sel si Kecil tumbuh dan berkembang. Pastikan hanya yang terbaik untuknya: ASI bernutrisi, yang lebih baik dari susu formula apapun didunia ini.

5. Lemak juga Penting
Tubuh Anda membutuhkan lemak untuk membuat hindmilk (ASI bagian akhir yang kaya kandungan lemak – pastikan bayi mendapatkannya menjelang akhir menyusui). Ini membuat bayi anda tidak kurus dan kurang gizi. Minyak sayur, daging, alpukat, kacang-kacangan, dan produk olahan susu adalah sumber yang baik dari lemak.

Nikmati Teh Anda dan Bebaskan Stress

Nikmati Teh Anda dan Bebaskan Stress

6. Teh untuk Meredakan Stress dan Meningkatkan Produksi ASI
Stress adalah penyebab utama turunnya produksi ASI. Ini bisa merupakan stress secara emosi maupun fisik, seperti ibu jatuh sakit, kelelahan, berpergian atau kembali bekerja setelah cuti melahirkan usai. Cukupi waktu tidur, santai di sofa dan nikmati secangkir teh non kafein yang mengandung bahan alami yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI dapat membantu mengatasi produksi ASI yang sedikit dan meredakan stress Anda.

You must be logged in to post a comment.