Mengatasi PCOS dengan Metode “The Rule of 5” Ini

Mengatasi PCOS dengan Metode “The Rule of 5” Ini

             Melalui artikel kami mengenai PCOS disini, tentunya sekarang Anda sudah mengetahui tentang definisi dari PCOS dan mengapa hal ini tidak bagus pada wanita pada umumnya, terutama bagi wanita yang ingin hamil. Mari kita bicara tentang cara mengatasi PCOS dengan menggunakan The Rule of 5. Penulis buku laris, Chicken Soup for the Soul, Jack Canfield dan Mark Victor Hansen mengembangkan The Rule of 5 saat mereka mencoba untuk membuat salah satu daftar buku terlaris yang sangat terkenal ini.

            Ketika orang memiliki akses ke informasi yang terlalu banyak dan tidak tahu mana yang akan dan lebih membantu, akan menjadi sulit untuk memprioritaskan sebuah tindakan. Daripada melakukan hal salah yang beresiko, Anda cenderung tidak melakukan apa-apa sama sekali. Ketika Canfield dan Hansen berada di posisi ini, mereka memutuskan bahwa mereka dapat melakukan 5 tindakan setiap hari yang menuju kepada tujuan mereka untuk membuat buku yang sangat laris. Mereka tahu mereka tidak dapat melakukan semuanya, tetapi mereka bisa melakukan 5 hal sehari sehingga “Rule of 5” lahir. Dengan menggunakan metode ini, mereka dapat memantau mana dari 5 tindakan sehari-hari yang membantu mereka untuk menemukan kemenangan kecil yang menuntun mereka menghasilkan buku terlaris nomor 1 yang ikonik.

            Mengelola PCOS agar cepat hamil dan memiliki kesehatan yang lebih baik merupakan situasi yang sempurna untuk menggunakan metode “The Rule of 5” ini. Berikut merupakan kabar baik tentang PCOS: PCOS dapat merespon perubahan gaya hidup dan tindakan terkait kesehatan secara cepat.

 glycemix index

Wanita dengan PCOS tidak harus menjalankan diet raw food. Mereka dapat meningkatkan kesehatan dan kesuburan mereka dengan menggunakan suplemen (obat penyubur kandungan), vitamin, antioksidan, dan makan seperti biasa. Tetapi, konsumsilah lebih banyak protein dan lemak dengan kadar indeks glikemik yang rendah.  Pasien PCOS biasanya merespon dalam dua sampai enam minggu terhadap perubahan gaya hidup dan diet dengan lebih banyak energi, memperbaiki tingkat ovulasi dan tingkat hormon yang lebih baik.

Bisakah Anda mencoba “The Rule of 5” selama 2 minggu untuk mengamati bagaimana perasaan Anda? Kami yakin Anda bisa!

Mari Anda simak langkah-langkah harian tertentu yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan gejala PCOS Anda. Anda tidak perlu melakukan semua ini sekaligus. Anda dapat memilih 5 tindakan untuk hari esok, dan kemudian di hari berikutnya. Dengan memilih 5 tindakan setiap hari, Anda akan membuat kemajuan yang mantap untuk menuju tujuan kesehatan dan kesuburan yang lebih baik.

 

  1. Lakukan seks minimal seminggu sekali

seks rutin

Orgasme meningkat produksi hormon seks yang sehat yang dapat mengontrol ovulasi. Wanita yang melakukan hubungan seks minimal seminggu sekali memiliki siklus hormon yang lebih konsisten dan lebih sering berovulasi. Akan lebih baik jika Anda dan pasangan mencapai orgasme setidaknya sekali seminggu. Buatlah momen bebas TV/Gadget setiap seminggu sekali bersama pasangan untuk fokus kepada keintiman. Bahkan menurut dokter kandungan, bila sedang program hamil, berhubungan tiap 2-3 hari sekali akan memperbesar peluang kehamilan.

 

  1. Pantau siklus menstruasi Anda

Memahami apa yang terjadi pada siklus haid Anda sangat penting bagi wanita dengan PCOS. Tetapi sayangnya, Anda cenderung terlalu mudah untuk melupakan kapan periode menstruasi terakhir dan mungkin tidak mengetahui apakah siklus haid Anda normal atau tidak. Menandai siklus haid Anda setiap hari pada saat bersamaan akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Wanita dengan haid yang periodenya terlalu lama biasanya menderita PCOS yang lebih parah dan harus diatasi. Sebagai referensi, kebanyakan wanita memiliki periode haid 29 hari, namun hal ini mungkin berbeda dalam waktu 7 hari (misalnya antara 21 dan 35 hari). Lama haid adalah 6 hari dimana masing-masing 2 hari mengalami pendarahan ringan, sedang, dan berat. Wanita dengan PCOS sering memiliki siklus yang lebih lama atau mengalami pendarahan yang tidak normal atau pendek. Jika Anda mencoba untuk hamil, mencatat siklus menstruasi Anda akan membantu Anda untuk menentukan kapan ovulasi akan terjadi. Dan juga dengan menggunakan alat prediksi ovulasi (kasih link ke http://www.wishingbaby.com/fertile-focus/ ), Anda dapat memberikan tanda kepada pasangan untuk berhubungan seks dengan tujuan pembuahan.

           

  1. Pastikan sel telur Anda sehat

Belajar tentang siklus menstruasi dan mengetahui kapan Anda berovulasi adalah sebuah langkah besar untuk memperbaiki kesehatan reproduksi Anda. Tapi, begitu Anda sudah tahu, Anda juga perlu untuk memastikan bahwa sel telur Anda cukup sehat untuk berkonsepsi. Setelah ovulasi, sel telur mulai untuk menua dengan segera. Sementara sel telur tersebut biasanya dapat dibuahi hingga 24 jam setelah dilepaskan, wanita dengan PCOS punya kecenderungan peningkatan kadar stres oksidatif dan peradangan yang dapat mempercepat penuaan telur. Penelitian menunjukkan bahwa melengkapi diet Anda dengan nutrisi antioksidan, seperti CoQ10 dan N-acetyl-cysteine yang dapat melindungi tubuh Anda dari stres oksidatif dan meningkatkan kesehatan sel telur.

Kebanyakan wanita dengan PCOS juga memiliki kadar vitamin yang rendah. Dengan alasan tersebut, disarankan agar mereka mengkonsumsi multivitamin setiap hari seperti vitamin D, kalsium, asam folat, seng, Vitamin E, dan Myo-inositol tersebut sangat bermanfaat bagi wanita dengan PCOS untuk memperbaiki mood, membantu untuk memicu penurunan berat badan, memperbaiki siklus menstruasi, ovulasi, dan fersilitas. Dengan produk FertilAid for Women, OvaBoost, dan Myo-Inositol, Anda dapat mendapatkan nutrisi dan vitamin penting untuk mengatasi PCOS.

 

  1. Mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat dan tinggi protein

Berdasarkan dengan sejumlah penelitian, diet rendah karbohidrat dapat menghasilkan kemajuan yang signifikan pada hasil kesuburan, siklus menstruasi, dan mood bagi wanita dengan PCOS. Cara yang mudah untuk menjalankan diet rendah karbohidrat dan tinggi protein ini adalah dengan menggunakan metode Paleo Diet.  Tidak apa-apa untuk memulai diet Paleo ini secara bertahap. Anda tetap dapat makan makanan yang Anda sukai, misalnya Pad Thai, Anda dapat mencari resep Pad Thai Paleo yang mengandung lebih banyak protein dan rendah karbohidrat dibandingkan dengan resep normal dari Pad Thai. Pilih setidaknya satu makanan grain-free setiap hari.

 

  1. Bergerak

Menggerakan tubuh minimal tiga kali dalam seminggu selama 45 menit akan meningkatkan kesuburan, kadar hormon, dan mood pada wanita dengan PCOS. Cara terbaik untuk berolahraga saat Anda merasa gemuk dan depresi adalah dengan menemukan kegiatan favorit Anda yang melibatkan gerakan kaki Anda seperti berjalan-jalan ke mal, berbelanja, rekreasi, berenang, bersepeda dan sebagainya…. Pikirkan sesuatu yang Anda sukai yang tidak Anda lakukan sekarang. Temukan hobi yang mengharuskan Anda untuk bergerak. Begitu Anda menyadari betapa mudahnya hal tersebut dilakukan, tingkatkan frekuensinya menjadi dua atau tiga kali dalam seminggu.

Awal tahun baru seperti saat ini adalah hari yang baik bagi wanita dengan PCOS menggunakan “The Rule of 5” untuk menemukan lima hal yang dapat Anda lakukan untuk mengubah hidup Anda. Dengan mengikuti metode ini, setiap harinya akan menjadi sebuah langkah untuk menuju pemulihan.

 

 Joanna Ellington

This original article was written by Joanna Ellington, PhD. Dr. Ellington is an internationally-recognized researcher in the field of andrology and serves as medical advisor to Fairhaven Health. She has had numerous featured blogs on women’s health at BlogHer, as well as other media chanels.