Pentingnya Skin to Skin Contact Setelah Melahirkan

 

skin to skin

Skin to skin contact atau kontak kulit ke kulit merupakan cara yang baik untuk menyambut kelahiran bayi Anda; bayi Anda yang dalam keadaan telanjang  bersandar pada kulit Anda. Ketika peneliti mengukur tingkat hormon stres pada bayi yang baru lahir, mereka menemukan tingkat stres terendah pada bayi yang menghabiskan banyak waktu untuk melakukan kontak kulit ke kulit antara ibu dan ayahnya. Peneliti menunjukkan cara terbaik untuk melakukan kontak kulit ke kulit selama 1 jam pertama dengan meletakkan sang bayi yang hanya menggunakan popok di dada Ibu.  Tingkat stres tertinggi diukur pada bayi yang dipisahkan dari ibu mereka di kamar bayi.

Durasi kontak kulit ke kulit yang panjang juga berkontribusi pada keberhasilan proses menyusui. Ketika bayi Anda memiliki akses yang mudah untuk menyusui, ia akan sering melakukannya dan membantu meningkatkan kelancaran proses laktasi. Bayi yang baru saja lahir yang diletakkan pada dada Ibu akan mulai sering menyusui tanpa bantuan apapun.

Sewaktu Anda mempersiapkan diri untuk melakukan persalinan dan melahirkan, pastikan rumah sakit tersebut menawarkan kegiatan kontak kulit ke kulit langsung setelah melahirkan. Dan jika tidak, untuk kesehatan Anda dan bayi Anda, Anda dapat memintanya. Dan, begitu Anda berada di rumah dan merawat bayi Anda, tetaplah lakukan kontak kulit ke kulit. Apabila memungkinkan, Anda dapat memberikan ASI pada bayi Anda ketika kontak kulit ke kulit. Di sela-sela proses menyusui, ayahnya juga dapat merapat untuk melakukan kontak kulit langsung agar dapat menjalin ikatan dengan ayahnya juga. Berikut merupakan manfaat untuk melakukan kontak kulit ke kulit:

  1. Kehangatan, sebagaimana Anda menghangatkan dan mempertahankan suhu tubuh bayi Anda.
  2. Menciptakan stabilitas detak jantung dan pernapasan pada bayi yang memberikan perasaan rileks, aman, dan nyaman.
  3. Meningkatnya kualitas tidur restoratif yang mempersiapkan tubuh dan pikiran bayi untuk belajar dan bertumbuh.
  4. Meningkatkan waktu dimana bayi akan menggunakan indranya untuk belajar mengenali dunia.
  5. Intensitas bayi menangis akan berkurang karena ia merasa aman, hangat dan kebutuhannya sudah terpenuhi.
  6. Penambahan berat badan yang tepat, karena hal ini membantu untuk memastikan keberhasilan menyusui.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kontak kulit ke kulit pada bayi setelah melahirkan sangat penting untuk kesehatan, hubungan emosional yang kuat antara ibu dan bayi, dan merupakan salah satu cara untuk memperbanyak ASI. Bila ASI masih sedikit, Ibu bisa mengkonsumsi Milkies Fenugreek yang membantu meningkatkan kualitas dan memperbanyak produksi ASI, agar ibu tidak perlu khawatir akan supplai ASI, dan tidak perlu campur susu formula.

 

Testimoni customer:

Arvianny – Bandung:

Thanks to Wishingbaby.com, berkat Fenugreek-nya pertama kali breastpump (H+4 postpartum) bisa dapet segini banyak

milkies fenugreek

 

Written by:

helen Anderson