Bicara tentang Siklus Haid dan Kopi

Jika Anda salah satu dari banyak wanita di luar sana yang memiliki menstruasi yang tidak teratur, tahukah Anda bahwa menikmati kopi pagi dengan perut kosong adalah ide yang buruk. Berikut ini alasannya:

Saat Anda menghirup kopi pagi Anda, kopi menyebabkan lonjakan gula darah. Merespons lonjakan ini, insulin dilepaskan untuk mengantar gula dari darah ke dalam otot. Sebuah penurunan tajam dalam gula darah terjadi karena Anda belum benar-benar mendapat makanan di perut Anda yang dapat memberikan glukosa bagi insulin untuk mengantarkan ke dalam sel. Kombinasi ini menyebabkan fluktuasi kadar kortisol Anda.

Seiring waktu, kebiasaan ini (fluktuasi hormon) dapat menyebabkan apa yang dikenal sebagai Hypothalmic-hipofisis-ovarium-Axis, hasil akhirnya adalah menstruasi yang tidak teratur atau dalam beberapa kasus, periode anovulasi (ini ketika Anda spotting/mengeluarkan sedikit darah seperti haid tetapi tidak benar-benar mengalami ovulasi) . Seperti yang Anda tahu, kita tidak akan mungkin hamil bila tidak terjadi ovulasi.

Jadi, minum kopi pada saat perut kosong atau lapar (baik pada pagi, siang atau sore hari), adalah tidak boleh, bagi wanita yang memiliki siklus haid tak teratur dan masalah hormonal lainnya.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika membahas tentang siklus haid dan kopi adalah adrenal Anda, yang merupakan dua kelenjar endokrin kecil di atas ginjal dan bertanggung jawab untuk memproduksi berbagai hormon, termasuk hormon seks Anda. Kafein menyebabkkan ketegangan pada adrenal dan meskipun kebanyakan orang dapat menangani stressor (pencetus stress) kecil ini, namun bagi wanita yang memiliki masalah dengan periode mereka biasanya tidak bisa. Wanita-wanita ini membutuhkan semua dukungan yang mereka bisa dapatkan dari adrenal mereka, sehingga kopi perlu dikurangi atau dihentikan. Sebagai gantinya, secangkir Fertilitea, teh herbal dengan kandungan yang dapat melancarkan haid dan meningkatkan kesuburan namun tidak mengandung kafein, adalah alternatif pengganti secangkir minuman hangat untuk mengawali pagi yang lebih menyehatkan.