Apakah Wanita Mandul bisa Mempunyai Anak? Bisa Dengan Cara-Cara Ini!

wanita mandul

Apakah Wanita Mandul bisa Mempunyai Anak? Bisa Dengan Cara-Cara Ini!

            Setiap pasangan suami-istri tentunya mendambakan kehadiran buah hati tercinta. Namun tidak sedikit, para wanita belum juga mendapatkan seorang anak setelah menikah dengan waktu yang lama.  Banyak pertanyaan-pertanyaan seperti,

“Bagaimana cara cepat hamil yang sehat?

atau “Mengapa saya masih susah hamil padahal saya sudah ikutin tips-tips hamil.”

Ternyata, penyebab susah hamil dikarenakan infertilitas masing-masing pasangan dan dari sekian kasus kesulitan hamil, ada peran kemandulan pria sekitar 30% dari semua kasus. Jadi, memang kemandulan bukan terjadi pada wanita saja, melainkan pria.

Tentunya didiagnosis mandul atau tidak bisa meneruskan garis keturunan oleh dokter merupakan mimpi buruk bagi setiap pasangan suami istri. Namun tidak perlu bersedih karena kini sudah banyak terapi atau perawatan yang dapat mengatasi kemandulan pada pasangan.

Baca Juga : Cara Memperbanyak ASI

  1. Bayi tabung

Istilah bayi tabung yaitu kehamilan yang terjadi karena pembuahan sel sperma ke sel telur di dalam sebuah tabung. Mayoritas wanita yang melakukan bayi tabung pada umumnya berusia diatas 40 tahun. Bayi tabung dapat mengatasi kemandulan akibat penyumbatan tuba falopi, gangguan ovulasi, endometrioisis, dan penyakit subfertility lainnya.

 

  1. Ekstrasi sperma

Bagi pria yang menderita azoospermia (tidak mempunyai sel sperma di dalam air mani sehingga ketika ejakulasi hanya ada cairan yang kosong sel sperma),  prosedur ekstrasi sperma merupakan solusi untuk mempunyai keturunan. Sperma akan diambil langsung dari testis dengan menggunakan sebuah jarum, lalu proses pembuahan dilakukan di luar tubuh pasangan.

 

  1. Induksi ovulasi

Induksi ovulasi bertujuan untuk menstimulasi pertumbuhan folikel dan pelepasan telur dengan menyuntikan hormon. Pembuahan akan terjadi apabila sel telur terangsang untuk melakukan proses ovulasi.

 

  1. Donor sel telur, sperma, embrio

Metode perawatan kesuburan ini dilarang di Indonesia karena  genetik yang dipakai bukan berasal dari genetik ibu atau ayah. Dapat dikatakan ini adalah opsi terakhir bagi pasangan yang maupun sel sperma atau telur sudah tidak dapat diproduksi atau dibuahi.  Perawatan ini dapat dilakukan di negara Singapura, Amerika Serikat, dan negara lainnya.

Pencegahan kemandulan harus dilakukan sejak dini. Tambah asupan vitamin C yang bisa didapat dari brokoli, tomat, jeruk, dan manga, redakan stress yang terlalu berlebihan, bagi wanita jagalah kelembaban organ intim dan mengenakan pakaian dalam berbahan katun, hindari rokok dan minuman beralkohol karena mempengaruhi hitungan sperma dan kesuburan. Jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen kesuburan yang bisa didapat melalui Wishing Baby.