Supaya ASI Banyak

ASI Banyak

Salah satu kecemasan yang dialami oleh para ibu yang sedang menyusui adalah cukup tidaknya ASI yang dihasilkan untuk buah hati mereka. Apabila Anda salah satu dari ibu yang khawatir akan suplai ASI Anda, maka artikel ini adalah artikel yang tepat bagi Anda. Berikut adalah beberapa cara supaya ASI menjadi banyak:

Menyusui Dengan Teratur 

Menyusui dengan sering dan teratur adalah salah satu cara meningkatkan ASI yang alami. Hal ini disebabkan karena payudara Anda bekerja sesuai dengan kebutuhan. Semakin sering buah hati Anda menyusui, maka semakin banyak ASI yang akan dihasilkan oleh yubuh Anda. Saat bayi Anda sedang dalam masa pertumbuhan awal, Anda mungkin berpikir bahwa ASI tidak mencukupi karena buah hati Anda selalu lapar. Padahal, yang sebenarnya terjadi adalah bayi Anda sedang memberikan stimulasi agar tubuh Anda memproduksi lebih banyak ASI untuk mendukung tumbuh kembangnya. Hal ini adalah sesuatu yang terjadi secara natural.

Hindari menambahkan susu formula ketika bayi Anda sedang bertumbuh cepat. Jika Anda punya waktu, tetaplah susui bayi Anda. Terkadang memang sulit untuk berkomitmen dan menyusui bayi Anda setiap harinya. Namun, apabila Anda jarang menyusui, maka produksi ASI pun tidak akan bertambah sesuai dengan kebutuhan buah hati Anda yang sedang berkembang. Tetaplah menyusui untuk meningkatkan ASI.

Pompa Payudara Setelah Menyusui

Selain mempersiapkan payudara untuk memenuhi kebutuhan bayi Anda dan membantu menambahkan pasokan ASI untuk sang buah hati, membiasakan diri memompa ASI adalah salah satu cara untuk meningkatkan ASI. Sama halnya dengan menyusui dengan teratur, memompa ASI juga memicu produksi ASI lebih banyak.

Berpindah Sisi

Pastikan bahwa buah hati Anda menyusui dari dua payudara setiap kali ia menyusui. Setiap kali bayi Anda mulai berhenti menghisap, mulai bosan atau tertidur, pindahkan ia ke payudara yang satu lagi. Hal ini adalah salah satu cara meningkatkan ASI karena kedua payudara Anda akan selalu diberi stimulasi cukup untuk memproduksi ASI lebih banyak. Selain itu, membuat bayi Anda menyusui pada kedua payudara Anda setiap kali menyusui akan memastikan bahwa ia mendapatkan asupan ASI yang cukup.

Asupan

Tak dipungkiri, bahan baku ASI adalah air dan makanan minuman bergizi. Namun terkadang ibu lelah mengurus si Kecil sehingga tak sempat menyusun menu yang menjamin ketercukupan semua zat gizi yang dibutuhkan Ibu dan produksi ASI, oleh karena itu bantuan suplemen ASI seperti Milkies Nursing Blend, Milkies Fenugreek atau Milkies Nursing Time Tea merupakan pilihan yang dapat membantu Ibu.

Tidak Stress

Stress merupakan faktor utama menurunnya produksi ASI, bisa diakibatkan oleh kecapekan dan kurang tidur. Ada baiknya Ibu meminta bantuan mama atau mama mertua apabila tinggal satu kota untuk pada bulan-bulan awal masa nifas untuk membantu Ibu, atau menggunakan jasa babysitter atau IRT untuk membantu menghandel pekerjaan merawat bayi atau pekerjaan rumah tangga. Bayi yang masih kecil lambungnya pun kecil sehingga ASI dicerna cepat, membuat ia kerap lapar dan terbangun di waktu malam. Itulah mengapa bayi kecil sering bangun tengah malam. Adapula ia terbangun bukan karena lapar tapi karena hanya ingin memastikan ibunya ada disampingnya. Begitu bayi melihat bunda disampingnya, iapun terlelap lagi, jadi tidur bersama adalah salah satu solusi atau menarik ranjang bayi disamping tempat tidur Ibu. Adalah pilihan yang buruk apabila kamar bayi terpisah dengan kamar ibu apabila ibu berniat ASI Eksklusif karena ibu akan lelah bolak-balik kamar diwaktu malam.