NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

7 Tanda-Tanda Ovulasi Wanita

tanda-ovulasiTanda Ovulasi tidak selalu sama pada setiap wanita. Beberapa wanita selalu tahu ketika mereka sedang berovulasi tetapi yang lain harus melacaknya. Mengetahui tanda ovulasi wanita sangat penting, terutama bagi yang sedang merencanakan kehamilan. Tubuh Anda memberikan petunjuk sedikit setiap bulan yang memberitahu Anda ketika Anda sedang dalam masa subur. Berikut adalah 7 pertanda yang mudah diingat ketika Anda akan berovulasi.

1. Perubahan Lendir Serviks 

Saat tubuh anda bersiap melepaskan telur untuk fertilisasi, tubuh mempersiapkan lingkungan yang ramah untuk sperma. Cairan serviks Anda menjadi basah dan elastis seperti putih telur, sehingga memudahkan sperma untuk bergerak. Ini sebenarnya salah satu tanda paling pasti bahwa tubuh kita berovulasi.

2. Bercak (Spotting) 

Beberapa wanita, tapi tidak semua, mengalami bercak (spotting) menjelang ovulasi. Beberapa teori mengatakan bahwa bercak disebabkan oleh telur yang dilepaskan oleh folikel selama ovulasi.

3. Sakit Kram (Nyeri) 

Salah satu tanda yang paling umum dari ovulasi adalah rasa sakit atau kram sebelah (hanya di salah satu sisi panggul), sakit kramnya rasanya mirip dengan PMS (post menstrual syndrome/kram pada saat haid). Perbedaan utama antara kram dan PMS adalah kram hanya pada satu sisi panggul. Kram ini disebabkan oleh sel telur yang dilepaskan oleh folikel.

4. Hasrat Bercinta yang Menggebu

Tidak bisa berhenti memikirkan seks? Ini mungkin menjadi tanda bahwa Anda sedang berovulasi. Jika Anda melihat peningkatan dorongan seksual pada waktu selama siklus Anda, Anda mungkin berovulasi. Tubuh manusia pada saat masa subur diprogram untuk berkembang biak, sehingga secara alami secara alami pada masa subur rasanya akan lebih berhasrat untuk bercinta dengan suami.

5. Syaraf Indra Lebih Tajam 

Siapa yang menyangka bahwa tanda ovulasi wanita termasuk jenis kekuatan super? Beberapa wanita mengalami indera penglihatan, rasa dan penciuman yang lebih tajam selama ovulasi. Carilah perubahan indra Anda untuk melihat apakah hal ini dapat menjadi petunjuk untuk Anda juga.

6. Perubahan hormonal pada Urine dan Saliva (air liur)

Peningkatan hormon LH saat menjelang ovulasi selain dapat dideteksi pada urine, juga pada saliva (air liur), yang akan menunjukkan pola seperti daun pakis/ferning (dapat diteropong dengan alat uji kesuburan fertile focus).

7. Perubahan Suhu Tubuh

Ini tanda-tanda ovulasi adalah sedikit lebih sulit untuk diukur, tetapi dapat menjadi indikator ketika Anda paling subur. Catat suhu Anda setiap pagi sebelum turun dari tempat tidur (begitu mulai  bangun) thermometer digital. Ini disebut suhu tubuh basal anda.  Anda akan dapat melihat bahwa paruh pertama siklus Anda tetap sama. Ketika menjelang ovulasi, suhu tubuh menukik diikuti oleh lonjakan, anda akan merasa sedikit hangat. Lonjakan suhu tubuh ini merupakan pertanda bahwa ovulasi telah terjadi.

Tubuh kita adalah ciptaan Tuhan yang rumit dan maha menakjubkan, termasuk saat ovulasi (sudahkah anda menonton video ovulasi ini: http://www.wishingbaby.com/tanda-tanda-ovulasi/ ). Ketika kita menjadi lebih selaras dengan tubuh kita, kita dapat lebih memahami tubuh kita dan mengenali tanda-tanda halus sekali saat tubuh sedang ovulasi. Belajar semua tentang siklus Anda adalah penting, dan dapat memberikan beberapa wawasan ke dalam cara tubuh Anda bekerja. Apakah Anda sudah dapat merasakan salah satu dari 7 petunjuk yang mudah diingat tanda ovulasi dalam tubuh Anda?

oleh: wishingbaby