NewsLetter Kesuburan

Powered By Yahoo! Groups

NewsLetter ASI

Powered By Google Groups

Nutrisi Saat Menyusui

Ketika Anda menyusui, Anda harus makan 500 kalori lebih banyak setiap hari daripada yang direkomendasikan untuk orang dengan tinggi dan berat badan yang sama dengan Anda.  Bahkan mungkin perlu kalori bahkan lebih jika Anda:

- Sangat aktif.

- Mulai kehilangan berat badan dengan cepat.

- Menyusui lebih dari satu bayi/anak (tandem nursing)

- Bayi anda rajin menyusu

Mengonsumsi berbagai makanan dapat membantu Anda mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan Tubuh Anda membutuhkan protein, karbohidrat, dan lemak untuk sumber energi yang baik dari nutrisi adalah:

Lemak tak jenuh seperti zaitun dan minyak canola, kacang-kacangan, dan ikan.

Karbohidrat dari biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan (kacang polong, buncis, dan lentil), dan produk susu rendah lemak. Protein seperti semua jenis ikan, unggas tanpa kulit, rendah lemak produk susu, dan kacang-kacangan.

Makan makanan sehat ketika Anda menyusui baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan untuk kesehatan bayi Anda. Dengan bervariasinya jenis makanan yang Anda makan, bayi semakin familiar dengan rasa-rasa makanan tersebut yang tersari dari ASI yang diminumnya, sehingga saat nanti ia sudah mulai diperkenalkan dengan makanan pada saat usianya 6 bulan dan semakin bervariasi seiring bertambahnya umurnya, ia akan lebih mudah untuk  menerimanya dan tidak alergi.

Penting untuk makan banyak buah-buahan dan sayuran, hal ini tidak hanya memberikan nutrisi yang diperlukan tetapi juga membantu Anda mendapatkan serat.  Anda juga dapat mengkonsumsi supplemen seperti Nursing Blend yang dapat mencukupi gizi bagi Ibu dan si Kecil, karena mengandung:  Vitamin A, B, C, D, E, K,  Kalsium, Zat Besi, yodium, Magnesium, Zinc, Selenium dan juga mengandung Fenugreek dan Fennel Seed yang membantu meningkatkan produksi ASI.

Dan terakhir, perbanyak asupan cairan, karena cairan adalah bahan utama pembuat ASI. Perbanyak minum air putih dan susu, jus buah-buahan alami, namun kurangi teh dan kopi yang mengadung kafein.

oleh: wishingbaby