Meningkatkan Produksi Lendir Serviks untuk Cepat Hamil

Produksi Lendir

Meningkatkan Produksi Lendir Serviks untuk Cepat Hamil

oleh: Dr. Joanna Ellington

Seperti yang sudah dikemukakan pada artikel sebelumnya disini, lendir serviks atau CM (cervical fluid) yang merupakan cairan dihasilkan oleh leher rahim bersifat elastis, licin, tipis, serta berwarna dan bertekstur seperti putih telur yang berperan besar untuk pembuahan dan kemahilan. Produksi CM yang buruk dapat dilihat dari wanita yang:

• Wanita yang lebih tua (seringkali dengan hormon estrogen yang kurang saat ovulasi).
• Wanita dengan kegagalan ovarium prematur.
• Wanita dengan sindrom ovarium polikistik.
• Wanita yang mengonsumsi Clomid (klotaminofen)
• Wanita yang mengonsumsi obat-obatan seperti steroid, anti depresan, atau antihistamin.
• Wanita yang menjalani prosedur LEEP (untuk mencegah kanker serviks)
• Wanita yang merokok.
• Wanita yang terkena PMS (penyakit menular seksual)
• Wanita yang kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan.

Tujuan utama untuk meningkatkan produksi EWCM adalah menstabilkan produksi hormon normal. Detilnya, mari simak point-point di bawah ini:

1. Hindari produk vagina yang dapat mengubah produksi EWCM atau menciptakan lingkungan tidak bersahabat bagi sperma, seperti pelumas yang dapat membunuh sperma atau douching yang akan menurunkan pH vagina.

2. 75% wanita mengungkapkan bahwa menggunakan Pre-Seed (pelumas yang tidak membunuh sperma) dan Conceive Plus membantu untuk meningkatkan kualitas atau kuantitas EWCM. Pre-Seed (http://www.wishingbaby.com/pre-seed/) meniru konsistensi lendir serviks yang subur berkualitas dan PH yang tepat untuk mengoptimalkan perjalanan sperma dan hidrasi mucin.

3. Jaga berat badan yang ideal. Memiliki badan yang sangat kurus (underweight) sangat dapat mempengaruhi produksi dan kualitas CM.
4. Mengonsumsi suplemen. Disarankan untuk memilih FertileCM (http://www.wishingbaby.com/fertile-cm/) dan FertilAid for Women (http://www.wishingbaby.com/fertilaid-for-women/) secara bersamaan. Kedua suplemen ini diformulasikan oleh dokter dan dibuat di pabrik bersertifikasi GMP yang berlokasi di Amerika Serikat. Saya merekomendasikan brand Fairhavenhealth untuk suplemen kesuburan selama lebih dari 10 tahun, karena banyak wanita yang telah mengatakan kepada saya bahwa kedua suplemen ini meningkatkan kualitas lendir serviks mereka. Dibawah ini adalah daftar dari beberapa bahan-bahan dalam kedua suplemen ini yang dapat meningkatkan kualitas lendir serviks:

– Zinc, Copper, Iron, Manganese dan Selenium yang membuat cairan yang melembabkan mucin. Banyak orang tidak mengonsumsi cukup banyak senyawa tersebut dalam makanan sehari-hari. Dalam penelitian pada hewan, telah ditunjukkan bahwa hewan yang mudah hamil memiliki kadar unsur senyawa-senyawa ini yang lebih tinggi dalam cairan serviksnya daripada hewan yang membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil.

– Vitamin C berperan penting dalam mengatur kembali CM selama ovulasi. Tanpa vitamin C yang cukup, perubahan CM sekitar masa ovulasi membuat jalur sperma menjadi terhalang menuju ke dinding rahim. Vitamin C dalam aliran darah juga menembus ke dalam lendir serviks dimana ia dapat mendukung fungsi sperma dan imunitas vagina.

5. L-arginin meningkatkan nitrat oksida yang telah terbukti dapat meningkatkan permeabilitas sel serviks dan dapat meningkatkan hidrasi CM.

6. Antioksidan berfungsi melindungi fungsi sperma. Pria dengan kualitas sperma rendah seringkali memiliki tingkat antioksidan yang sangat rendah dalam air mani mereka. Suplemen antioksidan pada pria telah terbukti dalam meningkatkan kualitas sperma. Tingkat antioksidan pada lendir serviks mencerminkan tingkatan dalam aliran darah wanita. Suplementasi antioksidan berkualitas tinggi akan meningkatkan kadar antioksidan CM untuk mendukung fungsi sperma di vagina.

Perubahan struktur dan fungsi lendir serviks sangat penting untuk kesuburan. Banyak wanita tidak menyadari perlunya memantau dan melindungi EWCM untuk mengoptimalkan peluang hamil. Semua sperma yang baik di dunia tidak bisa menuntun seorang pria untuk menjadi ayah jika sperma tidak dapat menemukan jalan untuk menuju ke sel telur. Kabar baiknya adalah kualitas CM dapat ditingkatkan dengan membuat pilihan secara berpengetahuan untuk mendukung perubahan unik tubuh Anda selama masa subur.

Joanna Ellington

This original article was written by Joanna Ellington, PhD. Dr. Ellington is an internationally-recognized researcher in the field of andrology an serves as medical advisor to Fairhaven Health. She has had numerous featured blogs on women’s health at BlogHer, as well as other media channels.