Tips Mudah dan Sehat Cara Memperbanyak ASI I Wishing Baby

Cara Memperbanyak ASI dan Gizinya selama Proses Menyusui

 

ASI eksklusif diberikan sejak bayi lahir ke dunia sampai berusia enam bulan. Selama jangka waktu tersebut, sang buah hati hanya akan diberikan air susu ibu (ASI) saja. Hal ini dikarenakan tidak ada asupan yang lebih baik untuk tubuh sang buah hati, kecuali ASI. Air susu yang diproduksi secara natural oleh tubuh seorang ibu ini mempunyai kandungan gizi yang penting bagi tumbuh kembang bayi seperti vitamin, protein, dan lemak.

Tidak hanya itu, wujudnya pun lebih gampang dicerna oleh bayi daripada susu formula. Ada banyak manfaat yang didapatkan saat Anda memberikan ASI eksklusif terhadap buah hati tercinta, tidak hanya untuk sang buah hati, tetapi juga untuk Anda yang memberikannya. Berikut ini beberapa manfaat ASI eksklusif tersebut.

 

  1. Sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat. Air susu ibu mengandung zat antibodi yang dapat membantunya melawan seluruh kuman dan virus. Jadi, resiko terserang penyakit seperti diare, infeksi alat pendengaran, infeksi saluran pernafasan, konstipasi, atau meningitis lebih rendah daripada bayi yang tidak diberi ASI eksklusif.

 

  1. Mau mempunyai buah hati yang cerdas? Anda bisa memberikan ASI eksklusif sebagai benih kecerdasan sejak ia masih kecil. Hal ini dikarenakan berdasarkan para ahli, asam lemak yang terdapat pada air susu ibu mempunyai peranan penting bagi kecerdasan otak bayi. Selain itu, relasi emosi antara Anda dan sang buah hati yang terjadi selama proses menyusui juga ikut serta memberikan kontribusi terkait kecerdasan emosionalnya.

 

  1. Berat badan ideal. Sang buah hati akan lebih mungkin tumbuh dengan berat tubuh normal apabila diberikan ASI eksklusif. Hal ini dikarenakan menurut para ahli, ASI mengandung lebih sedikit insulin daripada susu formula, dimana zat insulin inilah yang dapat memicu terbentuknya lemak pada tubuh. Dengan ASI, sang buah hati justru akan memiliki leptin (hormon yang memiliki peranan penting dalam mengatur nafsu makan dan metabolisme lemak) yang lebih banyak.

 

  1. Tulang bayi lebih kuat. Bayi yang diberikan ASI selama tiga bulan atau lebih mempunyai tulang leher dan tulang belakang lebih kuat dibanding yang memberikan ASI kurang dari tiga bulan atau tidak sama sekali.

 

Ketika Anda memiliki bayi baru lahir, Anda akan lebih sulit dalam menjaga diri sendiri. Tetapi jika Anda menyusui, sangatlah penting untuk mendapatkan nutrisi ekstra baik untuk Anda maupun si kecil (Menyusui dapat membakar rata-rata 500 kalori per hari). Helen Anderson, RN, MSN, konselor laktasi dan pencipta dari Milkies Milk Saver mengungkapkan sebuah fakta dimana ketika Anda sedang menyusui, tubuh Anda mengambil lemak, karbohidrat, sel imun, dan ribuan komponen lain dari darah untuk memproduksi ASI.

Untuk mengetahui berapa jumlah kalori tersebut, cobalah untuk memasukkan 10 “makanan super” untuk menyusui pada menu harian Anda.

 

  1. Oatmeal

 

Tidak mahal dan mudah untuk diolah, oatmeal yang sudah lama dikenal di masyarakat yang mengandung serat gandum utuh dan protein dapat membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama. Anderson menjelaskan bahwa oatmeal mencerna makanan secara perlahan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil yang dimana memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan suplai susu Anda.

 

  1. Telur

Saatnya Anda memasak telur dadar atau omelet untuk sarapan! Elizabeth Shaw, MS, RDN, CLT, penulis Fertility Foods menjelaskan bahwa telur adalah protein lengkap (alias diisi dengan semua asam amino yang Anda dan bayi Anda butuhkan) dan dapat meningkatkan asupan harian kolin yang merupakan nutrisi penting yang membantu kesehatan Anda serta perkembangan si bayi. Kolin juga telah terbukti secara khusus meningkatkan perkembangan otak dan kesehatan.

 

  1. Alpukat

75% lemak baik atau tidak jenuh yang menyehatkan jantung rupanya berasal dari alpukat. Alpukat adalah makanan alami yang luar biasa untuk dimakan saat menyusui. Shaw mengatakan bahwa alpukat adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi nutrisi yang mengandung serat, folat, dan protein dan bertindak sebagai ‘nutrient booster’ dengan membantu meningkatkan penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, K, dan E. Lemak sehat juga dapat meningkatkan kesehatan otak bayi Anda.

 

  1. Yoghurt

Semangkuk greek yogurt dapat menjadi ide menu sarapan atau snack yang tepat. Shaw mengungkapkan bahwa yoghurt dipenuhi dengan probiotik (bakteri ramah dalam usus yang membantu memperkuat kekebalan Anda dan bayi Anda), protein, kalsium, dan vitamin B-12 dan dapat menunjang bakteri yang lebih baik untuk kesehatan dan pencernaan yang baik.

 

  1. Biji-bijian

Biji-bijian  kaya akan serat, protein, folat, seng, dan kalsium. Menambahkan menu ini ke diet Anda tidak hanya akan membantu meningkatkan protein nabati Anda, tetapi juga membantu proses pencernaan Anda.

 

  1. Susu

Shaw mengungkapkan bahwa susu mengandung vitamin dan mineral penting seperti kalsium, kalium, dan vitamin A yang tidak hanya bagus untuk kesehatan Anda, tetapi kesehatan bayi Anda juga.

 

  1. Buah dan sayur

Salah satu jenis buah seperti wortel mengandung beta karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh dan penting untuk penglihatan dan kesehatan mata, kekebalan, dan elastisitas kulit. Mengkonsumsi kombinasi buah dan sayuran membuat bayi Anda menerima manfaat yang luar biasa ini.

 

  1. Salmon

Meskipun mungkin Anda menghindari ikan selama kehamilan, Anda dapat memperkenalkannya kembali ke menu makan Anda sambil menyusui. “Asam lemak ini diubah menjadi DHA di tubuh bayi Anda.” ujar Shaw. “DHA membantu membangun dinding sel yang kuat dan menciptakan lapisan pelindung pada saraf di mata dan otak. Makan salmon atau tuna setidaknya dua kali seminggu akan memberikan efek yang positif yang berasal dari omega-3.

 

  1. Beras merah

Anderson mengatakan bahwa selain kaya serat dan dapat menstabilkan gula darah, beras merah juga dapat meningkatkan kadar serotoin, zat kimia yang baik untuk membantu mengelola stres. Plus, serotonin juga telah terbukti meningkatkan kadar prolaktin, hormon utama dalam produksi susu.

 

  1. Kacang

Dikemas dengan lemak yang baik, kacang-kacangan adalah makanan lain yang dapat membantu suplai ASI Anda. “Kacang-kacangan mengandung triptofan yang mengubah menjadi serotoin, pensabil mood alami yang membantu Anda mengelola stres, bahkan membuat Anda tidur lebih baik dan juga dapat meningkatkan prolaktin,” ungkap Anderson. Ia juga menambahkan bahwa lemak baik yang terkandung dalam kacang akan tertransfer melalui produksi susu Anda ke bayi Anda.

 

  1. Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu cara memperbanyak asi yang efektif. Selain itu, gizi ASI akan lebih maksimal untuk bayi apabila Bunda mengkonsumsi cukup Vitamin D dan Zat Besi. Zat Besi dibutuhkan tubuh ibu dan bayi untuk mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh untuk tenaga dan menurunkan resiko anemia. Selain itu, zat besi sangatlah penting untuk pertumbuhan tubuh dan otak bayi Anda. Zat ini membantu pembentukan sel darah merah.

Vitamin D juga merupakan salah satu jenis mikronutrien yang sangat penting untuk bayi dalam masa pertumbuhan yang sangat pesat, karena dibutuhkan untuk pembentukan gigi dan tulang yang kuat. Selain itu vitamin D juga berperan dalam pengaturan sistem imun dan anti peradangan, sehingga berperan dalam menurunkan risiko berbagai penyakit kronis di masa dewasa kelak. Penelitian tahun 2015 menemukan bahwa suplementasi vitamin D untuk ibu menyusui dapat mencegah kekurangan vitamin D untuk bayi dengan ASI eksklusif. Penelitian terbaru juga menemukan fakta bahwa ibu lebih memilih untuk mengonsumsi suplemen vitamin D dibandingkan memberikan suplementasi vitamin D untuk bayinya

Agar kandungan gizi ASI menjadi maksimal, Bunda dapat menambahkan suplemen Milkies Nursing Blend yang mengandung Vitamin A, B, C, D, E, K, Folic Acid, Kalsium, Zat Besi, Yodium, Magnesium dan Selenium yang baik untuk cara memperbanyak asi dan meningkatkan nutrisi ASI. Tak hanya nutrisinya yang kaya, Milkies Nursing Blend juga mengandung fenugreek dan fennel seed untuk meningkatkan produksi ASI.

 

Testimoni Para Customer

 

  1. Ledy Daiyana – Pontianak

punya kista tapi bisa hamil

Punya Kista tapi bisa hamil Anak saya yang pertama sudah usia 14 tahun, ingin punya yang kedua tak kunjung hamil. Saya ngeflek terus sejak tahun 2013, dan punya kista, konsul ke dokter disuruh operasi kista sekalian melihat apakah ada penyumbatan, tetapi saya takut operasi. Pas tahun 2014 ketemu temen yang cerita kalau beberapa teman pakai FertilAid bisa hamil, makanya saya coba. Alhamdulillah, konsumsi Fertilaid for Women, 5 bulan saya hamil dan sekarang si Dede sudah lahir! dan sekarang saya pesan Milkies Fenugreek untuk melancarkan ASI saya untuknya.

 

  1. Nia Kurniawati – Jakartatestimoni milkies nursingblend3 3 bulan setelah saya cuti melahirkan, kembali aktivitas kantor, dan sesi perah ASI tiap 2x, dimana selama 4 bulan dikantor hasil perahan naik turun, namun turunnya juga gak drastis banget, bisa bawa pulang sampai 600 ml. Ketika sedang banyak tugas keluar kota seminggu berturut-turut dalam sebulan, langsung produksi ASI perah terus menurun, dan bahkan pernah hanya membasahi botol bawah (kayanya karena faktor stres dan pekerjaan juga), sedangkan saya gak mau sufor untuk anak saya.sehingga akhirnya saya mencoba produk Milkies Nursing Blend dan Fenugreek, dan Alhamdulillah hasil perahan kembali meningkat tanpa dicampur sufor dan bisa stok asip tanpa harus kejar tayang. Berat badan bayi saya yang usianya hampir 8 bulan kini mendekati 10 kg, terlihat sehat dan berisi badannya 🙂 pada intinya memang asupan nutrisi mamanya yang mesti dijaga agar produksi asip stabil, serta hati senang, pikiran tenang, dan asinya lancar 🙂

 

  1. Ibu Anastasya – Kota Wisata Cibubur

asi melimpah

Fenugreek Bagus Banget Sis.. Thanks yah.. Fenugreeknya bagus bgt.. Pas anak pertama kmrn, asi ku dikit banget, kl pompa maksimal pun 30cc uda dr 2payudara.. itupun susah bgt sambil dipijit.. Anakku pun jd campur formula.. Pas anak kedua, temanku sarankan Milkies Fenugreek, dan bener aja dalam waktu 2 mgg setelah melahirkan kalau lagi pompa bs 120cc hanya dr 1 payudara aja.. Anak kedua ku skrg bs full asi jadinya..

Thanks yah buat fenugreeknya..

 

 

 

 

  1. Ervy Carolina – Bangka Belitungasi melimpah                                                                                                                                                                                                      Saya bersyukur bisa menemukan produk yang pas dan efektif untuk meningkatkan asi saya..dan saya lebih bersyukur lagi berkat milkies nursing blend saya bisa memberi asi anak saya yg pertama kali sampai saat ini dengan lancar. Padahal di awal kelahiran,asi saya kurang lancar dan sempat anak saya,saya kasih sufor campur asi..tapi karna niat awal saya mau kasih anak saya asi,saya brjuang trus dan akhirnya ktemu nursing blend ini..kini anak saya uda 6 bulan,asinya pun lancar trus dan trus langganan nursing blend ini,oya saran saya buat mama lainnya,mending uang kita buat beli nursing blend deh daripada buat beli sufor..trimakasih nursing blend.

 

      5.  Rosmaya – Sidoarjo, Jatim

review nursing time teaSaran Teman Awalnya asi saya mencukupi untuk si baby….. hingga suatu hari tiba-tiba asi saya ngedrop produksinya. ketika tanya ke salah satu teman bagaimana cara memperbanyak asi kemudian dia nganjurin konsumsi Milkies Nursing Time Tea dan Alhamdulillah produksi asi saya lancar kembali malah semakin bertambah

 

 

 

 

         6. Intan Suciati Adams – Kukusan, Beji Depok

intan suciati
Sebelum pakai Milkies Nursing Blend, ASI saya pas-pasan, nggak bisa nyimpen buat persiapan kalau sudah masuk kantor nanti. Alhamdulillah setelah pakai Milkies Nursing Blend 1 bulan sudah ada perubahan, sekarang saya bisa simpan ASI untuk persediaan ASI Perah.